Senin, 22 Juli 2013

Jenis Usaha    :
‘Catering Echo’ ( Enak,Cepat,Halal,Murah Ongkosnya)
Perencanaan
Perencanaan berarti mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya.
Proses Perencanaan
Pertama, menentukan tujuan dan target bisnis yang akan dicapai dengan jelas.
Sebagai Contoh,saya membuka usaha Catering Makanan .Saya membuka usaha ini dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau penghasilan , serta mengembangkan hobi saya dalam bidang memasak ,selain itu juga bertujuan untuk menjadi Catering yang mampu bersaing di pasaran dengan kualitas yang baik dan saya dapat memberikan kesempatan lapangan kerja bagi orang lain dalam usaha ini.Target bisnis yang harus dicapai adalah catering ini untuk semua kalangan,khususnya untuk orang-orang yang sibuk bekerja di kantor dan tidak memasak dapat memesan catering ini. Serta ditujukan untuk makan siang kantor karyawan yang berada di perusahaan . Selain itu mengembangkan usaha ini untuk catering dalam berbagai acara seperti pernikahan,rapat dan lain-lain.
Kedua,  Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut .
Strategi yang saya gunakan dalam pencapaian usaha ini adalah mengusahakan lokasi sebagai tempat usaha yang saya gunakan adalah lokasi yang strategis dekat dengan pasar,kota agar masyarakat mengetahui keberadaan Catering ini dengan mudah serta dapat dijangkau dengan mudah dan cepat oleh para pelanggan. Selain itu Catering ini akan menyediakan berbagai macam pilihan masakan dan konsumen pun dapat memesan sesuai dengan selera yang diinginkan.Tentunya masakan ini halal,dipilih dari bahan yang berkualitas,penuh gizi dan menyehatkan.Strategi yang lain yaitu dalam pemasaran pertama akan melayani semua permintaan pelanggan dengan ramah,cepat,dengan pelayanan terbaik dengan itu maka pelanggan akan merasa dihargai dan dapat memasarkan melalui mulut ke mulut.Catering ini juga melayani pelanggan melalui via telepon.Jika usaha ini telah berkembang dan maju maka saya akan mencoba mengembangkan usaha dengan teknologi yang lebih canggih yaitu dengan pemesanan online melaui internet. Jika usaha ini telah maju saya juga akan berusaha menawarkan kerjasama dengan perusahaan dari perusahaaan kecil hingga yang besar agar dapat memesan makan siang di tempat Catering ini.Selain itu kami juga akan membuat brosur yang dibagikan kepada konsumen dengan memberikan brosur saat konsumen memesan Catering.atau pada saat catering dikirim kepada konsumen kami juga akan memberikan brosur,selain itu juga akan ditempelkan di jalan-jalan dan lokasi strategis lainnya.Dalam pendistribusian Catering makanan ini dapat langsung didistribusikan kepada konsumen secara langsung hal ini dilakukan apabila konsumen langsung dating ke tempat usaha kami.Selain itu ada pendistribusian lain yaitu dengan pengiriman yang akan dikirimkan melalui kurir kami sesuai dengan alamat pemesan yang dituju.Setelah itu kami juga akan memberikan strategi dalam penetapan harga yaitu Rp 10.000-15.000 untuk pesanan makan siang ke kantor dan Rp 10.000 untuk masakan   diantar kerumah. Untuk catering yang digunakan pada acara menyesuaikan berdasarkan jenis masakan yang dipesan.
Ketiga, Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan .
Sumber daya yang diperlukan dalam membuka usaha ini adalah sumber daya modal atau keuangan yang digunakan pertama kali untuk membuka usaha ini.Pertama akan menggunakan modal yang jumlahnya tidak terlalu besar sehingga dapat menggunakan tabungan saya sendiri.Modal ini digunakan untuk keperluan belanja bahan makanan yang akan diolah serta peralatan memasak lainnya sebagai penunjang dalam proses memasak.Selain itu juga membayar gaji tenaga kerja.
Sumber daya yang kedua yaitu sumber daya manusia berupa tenaga kerja,tenaga kerja ini diperlukan untuk membantu dalam proses pemasakan,belanja,pembersihan alat-alat setelah digunakan,pengepakan makanan ke dalam tempat makan,serta mengantarkan makanann kepada pemesan sesuai lokasi yang dituju.Tenaga kerja yang dibutuhkan tidak hanya perempuan  saja melainkan laki-laki juga dibutuhkan sesuai dengan bagian pekerjaanya .
Sumber daya yang ketiga yaitu sumber daya informasi yang digunakan untuk memudahkan berkomunikasi dengan pelanggan seperti telefon,internet,brosur.
Sumber daya keempat yaitu sumber daya fisik karena memasak catering tidak hanya dengan jumlah yang sedikit melainkan dengan jumlah yang banyak  sehingga diperlukan fisik yang kuat dalam prosesnya.
Sumber daya yang kelima adalah sumber daya alam yang digunakan untuk memperoleh bahan makanan seperti sayur,ikan dan bumbu-bumbu lainnya diperoleh dari alam.Cara mendapatkan bahan makanan ini yaitu dengan membeli di pasar tradisional.
Keempat, Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis .
Untuk menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis Catering ini yaitu             :
1.      Pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang kami lakukan karena masakan ini enak,prosesnya cepat  dan terjamin kualitasnya.
2.      Pesanan makanan per hari menghabiskan kurang lebih 1000 kotak catering.
3.      Usaha ini menghasilkan keuntungan 3 kali lipat dari modal yang kami keluarkan.
4.      Semakin banyaknya inovasi makanan yang kami produksi.
5.      Semakin banyaknya pelanggan yang memesan di tempat kami untuk berbagai acara.
6.      Dapat membuka cabang untuk catering ini di berbagai wilayah.
7.      Dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan sistem pemesanan dan pengantaran yang cepat.
8.      Layanan catering ini dapat bekerjasama dengan perusahaan.

 Pengorganisasian

Pengorganisasian yaitu proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Proses Pengorganisasian

Pertama,Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan.

Sumber daya yang dibutuhkan akan dialokasikan dengan baik seperti sumber daya modal yaitu bagaimana caranya agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak tetapi tetap mengedepankan unsur-unsur kesejahteraan karyawan dan pelayanan terhadap konsumen.Sumber daya yang telah ditentukan akan dibagi ke dalam tugasnya masing-masing seperti tenaga kerja ,untuk tenaga kerja wanita tugasnya adalah dalam proses pengepakan makanan ke dalm kotak makanan serta meneliti kebersihan dari makanan tersebut.Untuk tenaga kerja pria tugasnya yaitu berbelanja ke pasar tradisional,proses memasak,hingga pembersihan alat-alat dan mengantar makanan ke lokasi pemesan.Tetapi hal itu dapat disesuaikan oleh kemampuan tenaga kerja masing-masing jika tenaga kerja tersebut meskipun perempuan namun dapat memasak maka akan diletakkan dalam tugas proses pemasakan dan sebaliknya.Prosedur yang diperlukan adalah prosedur yang telah ditetapkan oleh usaha ini saat dari proses memasak hingga tugas yang lainnya.

Kedua, Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab .



Struktur Organisasi

Pemilik dan Penanggungjawab              : Upik Ayuningsih 
Sekretaris                                            : Tenaga kerja yang diperoleh dari proses perekrutan.
Bendahara                                           : Tenaga kerja yang diperoleh dari proses perekrutan.
Kasir                                                   : Tenaga kerja yang diperoleh dari proses perekrutan.
Pengawas                                            : Tenaga kerja yang saya tunjuk sebagai pengawas tetapi                                                                    melaui proses perekrutan.
Pelaksana                                            : Tenaga kerja yang diperoleh dari proses perekrutan baik                                                                   laki-laki maupun wanita.

Dengan begitu kewenangan dan tanggungjawab berada di tangan pemilik usaha dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha tersebut. Sekretaris disini tugasnya untuk mencatat segala keperluan yang dibutuhkan dalam proses usaha tersebut seperti bahan-bahan peralatan bagaimana pembuatan proses produksi .Sedangkan bendahara sebagai pemegang uang dan mengtur keuangan yang keluar maupun masuk untuk mencatat proses keuangan di dalam usaha tersebut yang natinya akan dilaporkan kepada pemilik.Kasir sebagai pencatat transaksi dengan konsumen setiap harinya uang yang berada di kasir diserahkan kepada bendahara untuk dibuat laporan.Pengawas bertugas sebagai pengawas dari kinerja karyawan agar karyawan dapat bekerja dengan baik dan maksimal.Pelaksana bertugas untuk membuat proses pemasakan hingga pengepakan makanan ke dalam kotak makanan. Dari situlah akan terlihat tanggung jawab dari masing-masing pekerja dan kewenangan yang dapat dilakukan.

Ketiga,Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja

Perekrutan dipeoleh dengan cara mengajak keluarga terdekat yang tidak memiliki pekerjaan dapat diajak untuk bekerjasama asal memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.Penyeleksian tidak terlalu rumit yaitu dengan jika tenaga kerja memiliki kemampuan memasak ,mengerti tentang bahan makanan yang baik atau tidak dapardiambil sebagai tenaga kerja, sedangkan untu kasir,sekretaris,bendahara perlu memiliki kualifikasi khusus yaitu adalah orang-orang yang dapat dipercaya dan pahan tentang posisi yang dibutuhkan.Untuk pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia ,saya akan memberlakukan bagi tenaga kerja yang dapat bekerja dengan baik saya akan memberi maupun mengikutkan ke dalam pelatihan memasak secara bergantian agar mereka lebih terampil dan kreatif.

Keempat, Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat .
Setelah melalui proses perekrutan dengan prosek seleksi maka saya akan mengetahui dimana tenga kerja tersebut dapat ditempatkan sesuai dengan kemampuannya masing- masing. Hal itu dilakukan agar tenaga kerja tersebut dapat bekerja secara maksimal dan nyaman sesuai dengan tugas dan kemampuan yang diberikan.

            Dengan begitu jika proses perencanaan dan pengorganisasian telah disusun dengan baik maka tujuan dari usaha ini akan tercapai,sehingga usaha ini dapat terus maju dan berkembang dengan baik serta mendapatkan keuntungan yang diinginkan.


0 komentar:

Design of Open Media | Source: Natural Blogger Template Download Created simple by Wedding Cards Singapore.